Rabu, 18 Juni 2008

STRATEGI PENGGALANGAN MASSA POLITIK TAK JAUH BEDA DENGAN MERAYU CEWEK

Pada dasarnya politik untuk pengggalangan massa tak ubahnya seorang cowok merayu cewek.


Barusan aku berkeliling atau istilah yang tepat blusukan (istilah jawa) untuk belajar politik secara terapan di suatu tempat yang sedang menuju pesta demokrasi daerah (PILGUB dan PILBUB). Pengetahuan yang aku dapat sebenarnya adalah sepele, tapi jjustru karena kesepeleannya itu banyak dilupakan orang(tim sukses CABUB/CAGUB) hingga akhirnya berujung pada kekalahan.

Pada dasarnya politik untuk pengggalangan massa tak ubahnya seorang cowok merayu cewek.

Sesuai dengan latar belakang pendidikanku yang memandang dan mempelajari pemerintahan serta politik bukan hanya dari sudut teoretis saja melainkan penekanan pada terapan, maka bisa ku sajikan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para tim sukses CABUB/CAGUB :

  1. Jangan menyerang lawan politik dengan kejelekan mereka atau kesalahan program yang mereka usung, terlebih lagi jangan mmenghancurkan karakter. Hal tersebut akan menimbulkan serangan balik dari pihak lawan, hal ini sungguh sangat merugikan berbagai pihak lantaran bisa menimbulkan dendam berkepanjangan. Baik pendukung kawan maupun pendukung lawan akan kurang bersimpati.
  2. Rangkul semua elemen baik kawan maupun lawan, paling tidak jangan menampakkan permusuhan. Hal ini akan menambah simpati dari pendukung kita dan mencuri simpati dari pendukung lawan kita.
  3. Bila lawan menyerang, kita jangan membalas dengan serangan yang serupa apalagi cuman bertahan, melainkan serang mereka dengan simpati.
  4. Ingatlah akan sifat dasar para pendukung, bahwa mereka 100 kali lipat menyukai hal-hal yang menyangut diri mereka bukan atas program yang kita usung (baik itu menyangkut agama, mata pencaharian, adat, budaya, peningkatan sumber daya manusia, kekerabatan, ekonomi dan lain-lain)
  5. Perlu di ketahui sifat dasar manusia dalam "berperang", Jangan menyerang lawan dengan senjata yang kita takuti, tapi serang mereka dengan senjata yang mereka takuti. Lebih bagus lagi bila kita mampu membuat mereka berfikir kalau kita akan menyerang dengan senjata yang mereka takuti, tapi karena kemurahan hati kita tak jadi melakukannya .
  6. Masyarakat kita sekarang sudah jenuh dengan isu-isu politik, jadi jangan menambah kebencian mereka pada politik dengan hal-hal yang basi. Jadi buat inovasi tiada henti.
  7. Pendukung maupun simpatisan yang hendak kita galang bukanlah homogen melainkan heterogen, carilah cara untuk berjalan di antara banyak jalan, jangan sampai menimpangkan jalan yang lain.
  8. POLITIK ITU KOTOR DAN SELAMANYA AKAN "KOTOR". Jangan menutup mata dari berbagai kemungkinan walau sekecil apapun.


Sementara yang bisa kusampaikan hanya sampai 8 poin, tapi sebagus apapun taktik atau cara yang kita tempuh kalau bukan arusnya kita menang ... ya kita harus terima dengan lapang dada. Tapi jangan putus asa, kalau tak ada arus yang memihak kita ... kemampuan kita untuk membuat arus harus diterapkan semaksimal mungkin.

Baca Juga yang berikut :



Template by : kendhin x-template.blogspot.com